RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDII AL ABIDIN BANJARSARI
Kelas / Semester : 1 / I
Tema :
DIRIKU
Sub Tema :
Aku dan Teman Baru
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 4 X 30 Menit
Hari dan tanggal : _____________________
A.
KOMPETENSI INTI
a.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
b.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
c.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan di sekolah.
d.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
Bahasa
Indonesia
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
MATEMATIKA
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan bendabenda yang
ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.2. Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang
ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat
bermain
3.11. Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya
tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya
4.5. Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau
pola bangun datar yang sudah ada
SBDP
3.1. Mengenal cara dan hasil gambar Ekspresi
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk
berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
C. INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Menceritakan gambar yang telah dibuat
MATEMATIKA
• Menghitung banyak benda 1-5
• Mengidentifikasi banyak benda
• Menentukan benda yang lebih banyak
• Menentukan benda yang lebih sedikit
• Mengidentifikasi bangun segi empat
• Menggambar dari bentuk segi empat
SBDP
• Menggambar bentuk baru dari bangun segi empat
• Mengidentifikasi gambar
D. TUJUAN
1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menghitung banyak
benda 1-5 dengan benar.
2. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan banyak
benda 1-5 secara tepat.
3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda
yang lebih banyak dengan tepat.
4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda
yang lebih sedikit.
5. Dengan mengamati benda, siswa dapat menunjukkan benda
yang banyaknya sesuai dengan jumlah gambar di buku siswa.
6. Setelah mengamati contoh segi empat, siswa dapat
mengidetifikasi bentuk segi empat dengan tepat.
7. Setelah mengidentifikasi bentuk segi empat, siswa
dapat membuat gambar baru dari bentuk tersebut dengan kreatif.
8. Dengan kegiatan menggambar siswa dapat menceritakan
gambar yang dibuatnya dengan
menggunakan bahasa sendiri.
E.
MATERI
1. Bilangan 1-5
2. Bangun datar (segi empat)
3. Menggambar bebas
4. Menceritakan gambar
F.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Peer Teaching
Metode : Ceramah, diskusi, tanya
jawab, dan penugasan.
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdo’a dengan rangkaian do’a
pembuka (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3. Mengajak berdinamika dengan brain gym
4. Meminta informasi dari siswa
mengenai teman yang sudah di kenal di kelas
5. Guru memperkenalkan diri kepada siswa
6. Menginformasikan tema yang akan
diajarkan yaitu tentang “Diriku” dengan sub tema “aku dan teman baru”
|
10”
|
Inti
|
1. Guru menyampaikan
bahwa hari ini akan belajar berhitung bersama teman.
2. Siswa mengamati
gambar pada buku siswa.
3. Siswa menghitung
jumlah siswa pada gambar.
4. Guru menanyakan
berapa banyak anak laki-laki dan anak perempuan.
5. Siswa berlatih pada
halaman berikutnya.
6. Siswa menghitung
jumlah siswa di setiap kelompoknya dan mewarnai kotak yang jumlah anaknya lebih
banyak.
7. Lalu siswa mengamati
benda di sekitar kelas dan mencari benda yang banyaknya sama dengan gambar siswa
yang ada di buku siswa.
8. Siswa menyampaikan
hasil pengamatan kepada temannya.
9. Siswa diminta
membandingkan dengan hasil pengamatan temannya. Adakah
kelompok lain yang
mengamati benda yang sama?
10. Adakah kelompok
yang mengamati benda yang sama, tapi jumlahnya berbeda?
Sebutkan pengamatan
siapa yang lebih banyak?
11. Siswa diarahkan
untuk melihat bentuk-bentuk yang ada di sekitar kelas (pintu, jendela, papan tulis,
dan lain-lain).
12. Siswa diminta
menjelaskan bentuk masing-masing benda tersebut sesuai dengan pemahamannya.
13. Guru menunjukkan
beberapa kotak bekas kemasan.
14. Siswa diminta
membongkar kotak untuk dapat menemukan bahwa bentuk dasar penyusun kotak adalah
bangun datar.
15. Guru memperkenalkan
bangun segi empat.
16. Siswa diminta untuk
membuat gambar dari bentuk segiempat sesuai imajinasi mereka kemudian
mewarnai gambar tersebut.
17. Siswa bergantian
menceritakan gambar kepada temannya.
18. Siswa mengumpulkan
semua hasil karya untuk dinilai dan di jadikan satu dengan porto folio.
|
100”
|
|
Penilaian Kinerja:
a. Guru mengamati anak saat presentasi.
b. Menilai keberanian, dan
kemampuan bercerita siswa.
c. Menilai dengan lembar pengamatan
perilaku
|
|
Penutup
|
1. Bersama siswa membuat kesimpulan
hasil belajar selama sehari
2. Bertanya jawab tentang materi yang
telah di pelajari ( untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3. Melakukan penilaian hasil belajar
4. Mengajak semua siswa berdoa untuk
mengakhiri kegiatan menurut agama dan keyakinan masing-masing
a. Mengamati sikap siswa berdoa
b. Apabila ada siswa yang kurang benar
dan kurang sempurna dalam berdoa maka setelah selesai kegiatan berdoa
langsung diberi nasihat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
10”
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri
anak
·
Lingkungan
sekolah
·
Buku
tematik kelas 1
·
Lembar Kerja Siswa
·
LCD
I. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Kinerja
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam
kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian Tertulis
Menilai dari hasil kerja siswa
c. Penilaian Portofolio
Menilai dari hasil kerja siswa
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian proses
1. Penilaian kinerja
2. Penilaian portofolio
3. Penilaian Tertulis
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas 1
Shodiqin, S.Pd …………………..
0 comments:
Post a Comment