RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDII AL ABIDIN BANJARSARI
Kelas / Semester : 1 / I
Tema :
DIRIKU
Sub Tema :
Aku dan Teman Baru
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 4 X 30 Menit
Hari dan tanggal : _____________________
A.
KOMPETENSI INTI
a.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
b.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
c.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan di sekolah.
d.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
PPKn
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Bahasa Indonesia
3.4. Mengenal teks cerita
diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
4.4. Menyampaikan teks
cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
MATEMATIKA
3.1. Mengenal bilangan
asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah,
atau tempat bermain
C.
INDIKATOR
PPKn
Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
Bahasa Indonesia
Mengidentifikasi nama teman
Menyebutkan identitas teman
MATEMATIKA
Menghitung banyak benda 1-5 menunjukkan benda sesuai dengan bilangan yang
ditentukan
D.
TUJUAN
1. Setelah mengikuti permainan, siswa dapat mengenal konsep
bilangan 1-5 dengan tepat.
2. Dengan melakukan permainan siswa dapat mengenal lambang
bilangan dengan benar.
3. Dengan melakukan permainan, siswa dapat mengidentifikasi
nama teman baru dengan tepat.
4. Setelah melakukan permainan siswa dapat
5. Menyebutkan nama temannya dengan benar.
E.
MATERI
1. Bilangan 1-5
2. Identitas Diri
3. Peraturan di Sekolah
F.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Integrated
Model
Teknik : Bermain
Metode : Ceramah, diskusi, tanya
jawab, dan penugasan.
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdo’a dengan rangkaian do’a
pembuka (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3. Mengajak berdinamika dengan brain gym
4. Meminta informasi dari siswa
mengenai teman yang sudah di kenal di kelas
5. Guru memperkenalkan diri kepada siswa
6. Menginformasikan tema yang akan
diajarkan yaitu tentang “Diriku” dengan sub tema “aku dan teman baru”
|
10”
|
Inti
|
1. Guru
menyampaikan bahwa mereka akan bermain sambil mengenal bilangan dan mengajak
siswa untuk berhitung bersama dari 1-5.
2. Guru
mengenalkan konsep dan lambang bilangan 1-5.
3. Guru
menempelkan kertas bertuliskan angka 1-5 di beberapa bagian kelas. Misalnya,
angka 1 ditempel di satu sudut kelas. Angka 2 ditempel di papan tulis.
4. Satu
siswa diminta untuk berdiri di dekat angka 1, dua siswa diminta berdiri di
dekat angka 2 demikian seterusnya sampai di angka 5 dengan dua puluh orang siswa.
5. Siswa
diminta kembali ke tempat semula.
6. Guru
menghitung sampai angka 5 dan meminta siswa untuk menuju ke sudut-sudut angka
tersebut.
7. Jumlah siswa di setiap sudut harus sesuai
dengan angka yang tertera. Misalnya, pada sudut dengan angka 1, hanya ada
satu siswa di sana. Begitu juga dengan angka yang lainnya.
8. Guru mengulang kegiatan sampai siswa paham
mengenai banyak benda dan lambang bilangan 1-5.
9. Siswa
berlatih memasangkan lambang bilangan 1-5 dengan jumlah bilangan di lembar kerja
siswa.
10. Guru mengajak siswa
untuk mengenal temannya dengan bermain mengenal teman baru.
11. Minta siswa untuk
berkumpul membuat kelompok masing-masing 5 orang.
12. Siswa akan berbagi
informasi mengenai nama panggilan dan nama lengkap.
13. Setiap siswa akan
menyebutkan identitas teman yang duduk di sebelahnya.
14. Lalu, setiap
kelompok membentuk lingkaran.
15. Masing-masing
kelompok mengundi siapa yang mendapat giliran pertama mengenalkan nama
lengkap teman di sebelahnya.
16. Siswa yang mendapat
giliran pertama bertugas menyebutkan identitas teman yang duduk di sebelah
kanannya.
17. Siswa kedua
bertugas menyebutkan identitas teman berikutnya.
18. Teman lain
mengamati dan membantu mengoreksi jika ada informasi yang tidak sesuai.
19. Kegiatan diulang
sampai semua mendapat giliran.
20. Guru membuat tabel
yang berisi nama lengkap dan nama panggilan.
21. Siswa diminta
menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan teman jika ada.
22. Guru menuliskan
nama-nama siswa yang memiliki nama lengkap dan nama panggilan yang sama dalam
satu kelompok.
23. Setelah semua
terdata, guru mengajak siswa memperhatikan nama-nama siswa dalam setiap
kelompoknya.
24. Orangtua membimbing
siswa untuk menghitung benda
25. Setelah selesai,
guru bersama siswa menyimpulkan bahwa hampir semua anak mempunyai nama
lengkap dan nama panggilan dan semua nama bagus.
|
100”
|
|
Penilaian Observasi:
a. Guru berkeliling mengamati kerjasama
anak dalam mengerjakan tugas.
b. Menilai kerjasama, tanggung jawab,
kedisiplinan, keaktifan, mendominasi atau tidak dsb)
c. Menilai dengan lembar pengamatan
perilaku
|
|
|
Penilaian Unjuk Kerja:
1. Guru memanggil salah satu siswa
untuk mengkomunikasikan hasil karyanya
2. Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan tentang pentingnya
mengetahui nama lengkap dan nama panggilan sendiri dan orang lain.
|
|
Penutup
|
1. Bersama siswa membuat kesimpulan
hasil belajar selama sehari
2. Bertanya jawab tentang materi yang
telah di pelajari ( untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3. Melakukan penilaian hasil belajar
4. Mengajak semua siswa berdoa untuk
mengakhiri kegiatan menurut agama dan keyakinan masing-masing
a. Mengamati sikap siswa berdoa
b. Apabila ada siswa yang kurang benar
dan kurang sempurna dalam berdoa maka setelah selesai kegiatan berdoa
langsung diberi nasihat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
10”
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri
anak
·
Lingkungan
sekolah
·
Buku
tematik kelas 1
·
Lembar Kerja Siswa
·
Potongan kertas
bertuliskan angka 1-5
A.
PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Observasi
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir
b. Penilaian Unjuk Kerja
Menilai dari hasil kerja siswa
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian proses
1. Penilaian kinerja
2. Penilaian produk
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas 1
Shodiqin, S.Pd …………………..
0 comments:
Post a Comment