Monday, August 3, 2015

RPP Kelas 1 tema 1 Pertemuan ke-2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SDII AL ABIDIN BANJARSARI
Kelas / Semester         : 1 / I
Tema                           : DIRIKU
Sub Tema                    : Aku dan Teman Baru
Pertemuan ke             : 2
                 Alokasi Waktu             : 4 X 30 Menit
                 Hari dan tanggal         : _____________________
A.    KOMPETENSI INTI
a.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
b.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
c.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan di sekolah.
d.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.    KOMPETENSI DASAR
PPKn
4.2     Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Bahasa Indonesia
3.4. Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
MATEMATIKA
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
C.      INDIKATOR
PPKn
Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah

Bahasa Indonesia
Mengidentifikasi nama teman
Menyebutkan identitas teman
MATEMATIKA
Menghitung banyak benda 1-5 menunjukkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan
D.    TUJUAN
1. Setelah mengikuti permainan, siswa dapat mengenal konsep bilangan 1-5 dengan tepat.
2. Dengan melakukan permainan siswa dapat mengenal lambang bilangan dengan benar.
3. Dengan melakukan permainan, siswa dapat mengidentifikasi nama teman baru dengan tepat.
4. Setelah melakukan permainan siswa dapat
5. Menyebutkan nama temannya dengan benar.
E.     MATERI
1.      Bilangan 1-5
2.      Identitas Diri
3.      Peraturan di Sekolah
F.     PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi           : Integrated Model
Teknik              : Bermain
Metode           : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Mengajak semua siswa berdo’a dengan rangkaian do’a pembuka (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3. Mengajak berdinamika dengan brain gym
4. Meminta informasi dari siswa mengenai teman yang sudah di kenal di kelas
5. Guru memperkenalkan diri kepada siswa
6. Menginformasikan tema yang akan diajarkan yaitu tentang “Diriku” dengan sub tema “aku dan teman baru”
10”
Inti
1.  Guru menyampaikan bahwa mereka akan bermain sambil mengenal bilangan dan mengajak siswa untuk berhitung bersama dari 1-5.
2.  Guru mengenalkan konsep dan lambang bilangan 1-5.
3.  Guru menempelkan kertas bertuliskan angka 1-5 di beberapa bagian kelas. Misalnya, angka 1 ditempel di satu sudut kelas. Angka 2 ditempel di papan tulis.
4.  Satu siswa diminta untuk berdiri di dekat angka 1, dua siswa diminta berdiri di dekat angka 2 demikian seterusnya sampai di angka 5 dengan dua puluh orang siswa.
5.  Siswa diminta kembali ke tempat semula.
6.  Guru menghitung sampai angka 5 dan meminta siswa untuk menuju ke sudut-sudut angka tersebut.
7.  Jumlah siswa di setiap sudut harus sesuai dengan angka yang tertera. Misalnya, pada sudut dengan angka 1, hanya ada satu siswa di sana. Begitu juga dengan angka yang lainnya.
8.  Guru mengulang kegiatan sampai siswa paham mengenai banyak benda dan lambang bilangan 1-5.
9.   Siswa berlatih memasangkan lambang bilangan 1-5 dengan jumlah bilangan di lembar kerja siswa.
10. Guru mengajak siswa untuk mengenal temannya dengan bermain mengenal teman baru.
11. Minta siswa untuk berkumpul membuat kelompok masing-masing 5 orang.
12. Siswa akan berbagi informasi mengenai nama panggilan dan nama lengkap.
13. Setiap siswa akan menyebutkan identitas teman yang duduk di sebelahnya.
14. Lalu, setiap kelompok membentuk lingkaran.
15. Masing-masing kelompok mengundi siapa yang mendapat giliran pertama mengenalkan nama lengkap teman di sebelahnya.
16. Siswa yang mendapat giliran pertama bertugas menyebutkan identitas teman yang duduk di sebelah kanannya.
17. Siswa kedua bertugas menyebutkan identitas teman berikutnya.
18. Teman lain mengamati dan membantu mengoreksi jika ada informasi yang tidak sesuai.
19. Kegiatan diulang sampai semua mendapat giliran.
20. Guru membuat tabel yang berisi nama lengkap dan nama panggilan.
21. Siswa diminta menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan teman jika ada.
22. Guru menuliskan nama-nama siswa yang memiliki nama lengkap dan nama panggilan yang sama dalam satu kelompok.
23. Setelah semua terdata, guru mengajak siswa memperhatikan nama-nama siswa dalam setiap kelompoknya.
24. Orangtua membimbing siswa untuk menghitung benda
25. Setelah selesai, guru bersama siswa menyimpulkan bahwa hampir semua anak mempunyai nama lengkap dan nama panggilan dan semua nama bagus.
100

Penilaian Observasi:
a.  Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
b.  Menilai kerjasama, tanggung jawab, kedisiplinan, keaktifan, mendominasi atau tidak dsb)
c.  Menilai dengan lembar pengamatan perilaku


Penilaian Unjuk Kerja:
1.  Guru memanggil salah satu siswa untuk mengkomunikasikan hasil karyanya
2.  Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan tentang pentingnya mengetahui nama lengkap dan nama panggilan sendiri dan orang lain.
Penutup
1.    Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari
2.    Bertanya jawab tentang materi yang telah di pelajari ( untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.    Melakukan penilaian hasil belajar
4.    Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri kegiatan menurut agama dan keyakinan masing-masing
a.      Mengamati sikap siswa berdoa
b.      Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdoa maka setelah selesai kegiatan berdoa langsung diberi nasihat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
10
H.    SUMBER DAN MEDIA
·         Diri anak
·         Lingkungan sekolah
·         Buku tematik kelas 1
·         Lembar Kerja Siswa
·         Potongan kertas bertuliskan angka 1-5
A.    PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
a.      Penilaian Observasi
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.      Penilaian Unjuk Kerja
Menilai dari hasil kerja siswa
2.      Instrumen Penilaian
a.      Penilaian proses
1.      Penilaian kinerja
2.      Penilaian produk
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                Guru Kelas 1


Shodiqin, S.Pd                                                                                                  …………………..

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More