RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDII AL ABIDIN BANJARSARI
Kelas / Semester : 1 / I
Tema :
DIRIKU
Sub Tema :
Aku dan Teman Baru
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 4 X 30 Menit
Hari dan tanggal : _____________________
A.
KOMPETENSI INTI
a.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
b.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
c.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan di sekolah.
d.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
PPKn
4.2
Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah
Bahasa Indonesia
4.4 Menyampaikan
teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
SBDP
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,
warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan
di lingkungan sekitar
PJOK
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
C.
INDIKATOR
PPKn
1.
Berperilaku
baik ( jujur, disiplin, tanggung jawab,santun, peduli/kasih saying, dan percaya
diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.
Menujukkan
sikap menerima keberagaman karekteristik individu
Bahasa Indonesia
1.
Memperkenalkan
diri dengan menyebutkan nama lengkap
2.
Memperkenalkan
diri dengan menyebutkan nama panggilan
3.
Menyebutkan
nama temannya
SBDP
1. Memberi hiasan pada kartu nama
PJOK
1. Melakukan gerakan melempar
2. Melakukan gerakan menangkap
D.
TUJUAN
1.
Dengan
mendengarkan penjelasan guru siswa mempunyai sikap tanggung jawab, percaya diri
dan dapat berinteraksi dengan baik dengan temannya
2.
Setelah mengikuti
permainan lempar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama
panggilan secara benar.
3.
Dengan melakukan
permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar
4.
Melalui
permainan siswa dapat menyebutkan nama temannya
5.
Setelah mendengarkan penjelasan guru siswa dapat
menghias kartu nama dengan rapi
E.
MATERI
1. Teman baru
2. Menghias kartu nama
F.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Integrated
Model
Teknik : Bermain
Metode : Ceramah, diskusi, tanya
jawab, dan penugasan.
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Diskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdo’a dengan rangkaian do’a
pembuka (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3. Mengajak berdinamika dengan brain gym
4. Meminta informasi dari siswa
mengenai teman yang sudah di kenal di kelas
5. Guru memperkenalkan diri kepada siswa
6. Menginformasikan tema yang akan
diajarkan yaitu tentang “Diriku” dengan sub tema “aku dan teman baru”
|
10”
|
Inti
|
1. Guru meminta siswa
membuka buku siswa hal. 1 dan membacakan teks dan nama-nama teman Udin.
2. Guru menunjukkan
cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa hal. 2.
3. Siswa diajak untuk
saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan menjelaskan aturan
bermainnya yaitu siswa diminta melingkar (boleh duduk atau berdiri).
4. Permainan dimulai
dari guru dengan memperkenalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya
Ibu/Bapak....nama panjang....biasa dipanggil Ibu/Bapak.... kemudian, melempar
bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
5. Siswa yang berhasil
menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan. Kemudian,
dia melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola,
menyebutkan nama lengkap dan nama
panggilan.
6. Demikian seterusnya
hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
7. Setelah semua
memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat
kembali nama-nama teman di kelas. Guru bisa menggunakan lagu yang ada di buku
siswa.
Lirik lagu “Siapa
Namamu”
Ciptaan A.T. Mahmud
1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./
Sia pa kah na ma mu
5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //
Na ma ku .............
(sebutkan nama anak)
8. Siswa berada pada
posisi lingkaran. Guru menyanyi sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa
itu menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu”
menepuk teman di sebelahnya dan
teman tersebut
menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya.
9. Kegiatan ditutup. Guru
menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal
nama teman, kita bisa
juga menggunakan kartu nama.
10. Guru menyampaikan
bahwa siswa akan membuat kartu nama mereka masing-masing.
11. Guru membagikan
potongan-potongan karton dengan nama masing-masing siswa.
12. Guru menunjukkan
kartu namanya sendiri yang sudah dibuat sebelumnya sebagai contoh.
13. Siswa diminta untuk
menghias dan atau mewarnai kartu nama mereka masingmasing.
14. Siswa diminta
menggunakan kartu namanya selama berada di sekolah atau menempelkan semua
kartu nama di kelas.
|
100”
|
Penilaian proses:
a. Guru berkeliling mengamati kerjasama
anak dalam mengerjakan tugas.
b. Menilai kerjasama, tanggung jawab,
kedisiplinan, keaktifan, mendominasi atau tidak dsb)
c. Menilai dengan lembar pengamatan
perilaku
|
||
1. Guru memanggil salah satu siswa
untuk mengkomunikasikan hasil karyanya
2. Guru dan siswa bersama-sama membuat
kesimpulan tentang cara berkenalan yang benar
|
||
Penutup
|
1. Bersama siswa membuat kesimpulan
hasil belajar selama sehari
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah
di pelajari ( untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3. Melakukan penilaian hasil belajar
4. Mengajak semua siswa berdoa untuk
mengakhiri kegiatan menurut agama dan keyakinan masing-masing
a. Mengamati sikap siswa berdoa
b. Apabila ada siswa yang kurang benar
dan kurang sempurna dalam berdoa maka setelah selesai kegiatan berdoa
langsung diberi nasihat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
10”
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri
anak
·
Lingkungan
sekolah
·
Buku
tematik kelas 1
·
Gambar
anak berkenalan
·
Bola
·
Karton,
kertas, yang telah dipotong dan diberi nama masing-masing siswa
·
Kertas
marmer, lem, dan peniti
I.
PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir
b. Penilaian Unjuk Kerja
Menilai dari hasil prakarya siswa
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian proses
1. Penilaian kinerja
2. Penilaian produk
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas 1
Farida Nur 'Aini Zaini Muharom, S.S.
0 comments:
Post a Comment