Monday, August 3, 2015

RPP Kelas 1 'Diriku' Sub Tema 'Aku dan Teman Baruku'



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SDII AL ABIDIN BANJARSARI
Kelas / Semester         : 1 / I
Tema                           : DIRIKU
Sub Tema                    : Aku dan Teman Baru
Pertemuan ke             : 1
                                                     Alokasi Waktu             : 4 X 30 Menit
                                                     Hari dan tanggal         : _____________________

A.    KOMPETENSI INTI
a.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
b.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
c.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan di sekolah.
d.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.    KOMPETENSI DASAR
PPKn
4.2  Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Bahasa Indonesia
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis  yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
SBDP
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk  berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
PJOK
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
C.     INDIKATOR
PPKn
1.      Berperilaku baik ( jujur, disiplin, tanggung jawab,santun, peduli/kasih saying, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.      Menujukkan sikap menerima keberagaman karekteristik individu

Bahasa Indonesia
1.      Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap
2.      Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan
3.      Menyebutkan nama temannya
SBDP
1.      Memberi hiasan pada kartu nama
PJOK
1.      Melakukan gerakan melempar
2.      Melakukan gerakan menangkap
D.    TUJUAN
1.      Dengan mendengarkan penjelasan guru siswa mempunyai sikap tanggung jawab, percaya diri dan dapat berinteraksi dengan baik dengan temannya
2.      Setelah mengikuti permainan lempar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.
3.      Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar
4.      Melalui permainan siswa dapat menyebutkan nama temannya
5.      Setelah mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi
E.     MATERI
1.      Teman baru
2.      Menghias kartu nama
F.     PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi           : Integrated Model
Teknik              : Bermain
Metode           : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a dengan rangkaian do’a pembuka (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3.      Mengajak berdinamika dengan brain gym
4.      Meminta informasi dari siswa mengenai teman yang sudah di kenal di kelas
5.      Guru memperkenalkan diri kepada siswa
6.      Menginformasikan tema yang akan diajarkan yaitu tentang “Diriku” dengan sub tema “aku dan teman baru”
10”
Inti
1. Guru meminta siswa membuka buku siswa hal. 1 dan membacakan teks dan nama-nama teman Udin.
2. Guru menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa hal. 2.
3. Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan menjelaskan aturan bermainnya yaitu siswa diminta melingkar (boleh duduk atau berdiri).
4. Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak....nama panjang....biasa dipanggil Ibu/Bapak.... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
5. Siswa yang berhasil menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan. Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama
panggilan.
6. Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
7. Setelah semua memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru bisa menggunakan lagu yang ada di buku siswa.
Lirik lagu “Siapa Namamu”
Ciptaan A.T. Mahmud
1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./
Sia pa kah na ma mu
5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //
Na ma ku .............
(sebutkan nama anak)
8. Siswa berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan
teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya.
9. Kegiatan ditutup. Guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal
nama teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama.
10. Guru menyampaikan bahwa siswa akan membuat kartu nama mereka masing-masing.
11. Guru membagikan potongan-potongan karton dengan nama masing-masing siswa.
12. Guru menunjukkan kartu namanya sendiri yang sudah dibuat sebelumnya sebagai contoh.
13. Siswa diminta untuk menghias dan atau mewarnai kartu nama mereka masingmasing.
14. Siswa diminta menggunakan kartu namanya selama berada di sekolah atau menempelkan semua kartu nama di kelas.
100

Penilaian proses:
a.  Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
b.  Menilai kerjasama, tanggung jawab, kedisiplinan, keaktifan, mendominasi atau tidak dsb)
c.  Menilai dengan lembar pengamatan perilaku


1.  Guru memanggil salah satu siswa untuk mengkomunikasikan hasil karyanya
2.  Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan tentang cara berkenalan yang benar
Penutup
1.    Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari
2.    Bertanya jawab tentang materi yang telah di pelajari ( untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.    Melakukan penilaian hasil belajar
4.    Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri kegiatan menurut agama dan keyakinan masing-masing
a.      Mengamati sikap siswa berdoa
b.      Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdoa maka setelah selesai kegiatan berdoa langsung diberi nasihat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
10
H.    SUMBER DAN MEDIA
·         Diri anak
·         Lingkungan sekolah
·         Buku tematik kelas 1
·         Gambar anak berkenalan
·         Bola
·         Karton, kertas, yang telah dipotong dan diberi nama masing-masing siswa
·         Kertas marmer, lem, dan peniti
I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
a.      Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir

b.      Penilaian Unjuk Kerja
Menilai dari hasil prakarya siswa
2.      Instrumen Penilaian
a.      Penilaian proses
1.      Penilaian kinerja
2.      Penilaian produk
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                Guru Kelas 1


Farida Nur 'Aini                                                                                            Zaini Muharom, S.S.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More